Peluang Usaha

Cara Membangun Personal Branding

on Saturday, November 13, 2010


Ketika kita menyebut nama Microsoft, pikiran kita segera terfokus pada sosok Bill Gates? Bahkan ketika telah ia mengundurkan diri, masih banyak orang yang menganggapnya sebagai CEO dari Microsoft. Meskipun posisinya telah lama diserahkan kepada Steve Ballmer, sahabatnya baiknya sejak di Harvard University.
Demikian pula, ketika ia mendengar Virgin Group, orang mengidentifikasi dengan nama Richard Branson sebagai salah satu pengusaha nyentrik yang sukses dengan berbagai inovasi dan terobosan dalam bisnis.

Dalam bidang tarik suarapun juga sama. 
Bila Anda melihat penyanyi yang melakukan gerakan berjalan, Anda segera akan ingat sosok bintang pop Amerika Michael Jackson. Demikian pula, ketika berbicara lagu cross country, orang akan berpaling ke Sania Twain  dariKanada. Jika kita berbicara penyanyi reggae dengan rambut gimbal, orang akan langsung berpikir tentang sosok Bob Marley, penyanyi reggae dari Jamaica, Amerika Latin yang masih terjual albumnya meskipun dia telah pergi serta Michael Jackson.

Dari nama-nama terkenal, tampaknya mereka memiliki personal branding yang kuat. 
Memiliki kemampuan untuk membangun citra diri, tidak hanya dikenal tapi terukir dalam kenangan orang.

Peter Montoya, pakar personal branding yang telah menulis sebuah buku tentang itu, termasuk The Brand Called You, mengatakan bahwa personal branding sebagai cara bagaimana Anda merasakan sesuatu. 
Untuk itu, kata Montoya, Anda harus memiliki keterampilan promosi, bakat dan sejenisnya, yang akan menghasilkan persepsi positif. Seiring dengan itu, Anda juga harus menghindari perhatian yang akan menciptakan reaksi negatif.

Oleh karena itu, kondisi saat ini, branding tidak hanya terkait dengan perusahaan tertentu atau merek tapi sudah sampai ke tingkat individu. 
Lihatlah apa yang dilakukan  calon presiden dan anggota legislatif. Mereka bersaing untuk menciptakan personal branding diri untuk dipilih.

Untuk itu, langkah yang harus Anda lakukan adalah melakukan positioning. 
Ambil keuntungan dari kekuatan Anda yang akan dikembangkan sehingga ketika orang menyebut sesuatu, maka mereka akan segera ingat nama Anda. Membuat marketing mix  Anda sebagai perusahaan pemasaran produk, karena dalam kasus ini adalah produk Anda sendiri. Good luck.

0 comments:

Post a Comment