Peluang Usaha

Mantapkan Hati Untuk Berwirausaha

on Friday, November 19, 2010


Menurut Ciputra, mahasiswa dapat dibagi dalam 3 kelompok. Pertama, mahasiswa pandai yang memiliki Indeks Prestasi (IP) bagus. Mereka rata-rata menjadi dosen dan ilmuwan setelah lulus kuliah. Kelompok kedua, mahasiswa dengan IP menengah, rata-rata memilih menjadi profesional dengan bekerja di suatu perusahaan. Sementara mahasiswa yang memiliki IP jelek dan sering blos kuliah, biasanya menjadi pengusaha yang nantinya malah mempekerjakan kelompok mahasiswa yang kedua bahkan mungkin yang pertama. Mereka memilih menjadi pengusaha dan kadang tidak lulus kuliah karena memang tidak ada pilihan lain. Biasanya untuk masuk ke perusahaan atau mendaftar PNS, nilai minimal 2,75.

Namun dalam hal ini, saya ingin mengatakan bahwa sesungguhnya menjadi pengusaha adalah pilihan sejak awal, tanpa dipengaruhi oleh nilai. Ibarat sebuah perjalanan, kalau kita sudah tahu titik akhirnya maka kita bisa lebih fokus. Dengan menjadi wirausaha, sesungguhnya ada dua nilai besar yang terkandung di dalamnya. Pertama, bagi diri sendiri. Kita menjadi lebih bebas mengatur waktu, tanpa diperintah oleh orang lain. Kita bebas menentukan dan berinovasi atas bidang kita tanpa terkotak-kotak atau dibatasi oleh aturan serta bebas mau di bawa ke mana usaha kita tersebut. Di sisi lain, ada nilai kemanfaatan bagi orang lain, bagi masyarakat sekitar, bagi sektor usaha riil, pemberdayaan masyarakat yang tentunya juga memberikan kontribusi terhadap Produk Domistik Bruto dan negara.
Oleh karena itu, ayo kita sama-sama kembangkan terus kemampuan wirausaha kita, jalin persahabatan dan siap melangkah. Jangan ragu.

2 comments:

Blog Bisnis Muklis said...

Mantap gan artikelnya, memang jadi ornag cerdas itu lebih baik dari pada jadi orang pinter, pengusaha ato S1

ebudikurniawan said...

bener sekali mas muklis. saat skrg mmg jamannya kerja cerdas, minimal dimulai dari diri kita. trima kasih sudah mampir di gubug ini...

Post a Comment