Peluang Usaha

Delapan Cara Mengembangkan Ketrampilan

on Tuesday, November 16, 2010



Untuk menambah kompetensi, merupakan suatu keharusan bagi kita untuk menambah satu ketrampilan di bidang apapun sesuai dengan hobi atau bidang kerja kita. Misalnya saja, kita bekerja sebagai pemandu wisata, maka kemampuan untuk menguasai bahasa asing sangat dibutuhkan. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan hal tersebut, yaitu :
1.        Berlatihlah sedikit demi sedikit. Mempelajari suatu ketrampilan khusus seperti menguasi bahasa asing memerlukan latihan rutin sedikit demi sedikit dan sering. Berlatihlah selama sekitar 20 – 30 menit setiap hari akan jauh lebih efektif daripada Anda berlatih cukup lama (4 jam sehari), tetapi hanya dilakukan seminggu sekali. Kembangkan terus kebiasaan ini, lama-lama pasti Anda akan melangkah dengan lebih ringan.
2.              Revisi dan tes diri Anda secara teratur.  Usahakanlah selalu ada keseimbangan antara berlatih dan merevisi kembali atas apa yang sudah Anda lakukan. Ibaratnya, saat melakukan sesuatu asahlah dan evaluasilah sehingga menjadi lebih tajam.
3.              Dengarkan ucapan atau lihat dalam cermin gerakan Anda. Jika memungkinkan, carilah ruangan yang sunyi dan lengkapi dengan cermin besar. Anda dapat berbicara dengan keras dan melakukan gerakan-gerakan tanpa perlu khawatir mengganggu orang lain. Anda dapat mendengar suara Anda atau melihat gerakan Anda. Buatlah latihan tersebut mudah dan menyenangkan.
4.              Gunakan afirmasi dan kalimat positif. Katakan pada diri Anda, bahwa Anda bisa. Ucapkan afirmasi Anda sesering mungkin sehingga hal tersebut tertanam dalam alam bawah pikiran Anda.
5.              Gunakan visualisasi dalam kondisi Alpha untuk membayangkan Anda menguasi ketrampilan tersebut. Visulaisasikan bahwa hasil akhir yang Anda inginkan itu terjadi. Bayangkan betapa bahagianya Anda saat momen seperti itu datang. Gunakan jangkar emosi untuk meningkatkan getaran perasaan senang yang mengalir di tubuh Anda. Buatlah visualisasi pada saat Anda relaksasi atau sedang berada dalam kondisi alpha-bayangkan diri Anda sedang berbicara bahasa asing tersebut. Tanamkan visual ini ke dalam pikiran bawah sadar Anda sesering mungkin.
6.              Cari kesempatan berlatih dengan orang yang lebih mahir. Hubungi orang yang menurut Anda sudah menjadi master dalam bidangnya. Jalin pertemanan dan mintalah masukan dari dia. Jika perlu, ikutlah kursus.
7.              Kembangkan terus minat Anda dengan antusiasme tinggi. Kembangkan terus minat pribadi dibarengi dengan antusiasme yang tinggi. Semangat dan antusias senantiasa membawa kita berada dalam mood dan tidak akan pernah merasa bosan.
8.              Jangan terlalu kerasa pada diri Anda sendiri. Belajar suatu ketrampilan adalah suatu proses bertahap dan bisa dilakukan seumur hidup. Jangan berharap Anda segera menguasai ketrampilan tersebut dalam waktu simgkat. Teruslah berlatih sampai suatu saat secara tidak sadar Anda telah mahir dalam bahasa asing tersebut.
Jangan pernah putus asa. Coba dan coba terus.

1 comments:

Pupuk rambutan cepat berbuah said...

yang paling mantap tuh nyari rekan / konsultasi dengan orang yang mahir,!

Post a Comment